Saturday 14 January 2012

MOTOR BAKAR

MESIN BAKAR (Combustion Engine)
Para perintis: al-Jazari, Taqi al-Din, Samuel Morland, Samuel Morey, Sir Dugald Clark, Karl Benz dan Nikolaus Otto.

Tahun = 1206 - Revolusi Industri - 1879
Mesin atau Mesin Bakar, adalah alat yang mengubah tekanan / letupan api menjadi gaya/tenaga/kekuatan dengan menggunakan bahan bakar dari fosil (bensin, solar dll). Mesin jenis ini banyak dipakai sebagai mesin otomotif.
Usaha manusia untuk menciptakan mesin sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Mulai dengan menggunakan tenaga manusia, hewan atau air terjun untuk menggerakkan roda penggiling. Dilaporkan sistem mekanika pertama menggunakan tenaga aliran air pernah dibuat oleh Kaberia (Raja Mithridat) sekitar 100 SM.
Kemudian para ilmuan dari bangsa Arab mengembangkan penemuan poros (crankshaft) dan engkol penghubung (connecting rod) serta pembangkit uap oleh Taqi al-Din.
93572-034-26C16785
Cara kerja mesin bakar 4 langkah :
1.Bahan bakar dialirkan (mixture in) kedalam ruang pembakaran (combustion chamber) proses ini dinamakan : Fuel Intake.
2.Udara dimampatkan (Compession) sehingga piston ditarik keatas.
3.Kemudian dilakukan pembakaran (Ignation) dengan memantik busi (spark plug) sehingga terjadi letupan keras dan mendorong piston kebawah untuk memutar poros mesin.
4.Exhaust valve terbuka dan udara hasil pembakaran dibuang. Sejalan dengan itu piston kembali naik keatas. Begitu seterusnya.
Dengan turun-naiknya piston akan memutar poros (crankshaft) mesin secara terus-menerus. Putaran poros ini diperluas menjadi putaran roda atau baling-baling sehingga menimbulkan daya dorong atau daya angkat..

No comments:

Post a Comment